Tugu Jendral Mc Arthur - Monumen Sejarah Perang Dunia II Yang Tak Terlupakan - Jelajah Kota Jayapura

Tugu Jendral Mc Arthur - Monumen Sejarah Perang Dunia II Yang Tak Terlupakan

  

     Tugu Jendral Mc Arthur-Jayapura Tugu Jendral Mc Arthur-Untuk anda yang berminat di bidang sejarah terutama masa perang dunia kedua, mungkin sudah tidak asing lagi mendengar nama Jendral Douglas Mc Arthur. Beliau merupakan jendral asal Amerika Serikat yang berhasil mengalahkan tentara Jepang di kawasan sekitar Papua dan beberapa negara terdekatnya.
Untuk mengenang sang jenderal, akhirnya di tempat yang pernah menjadi markas beliau pada masa lalu, dibangun sebuah tugu yang bernama Tugu Jendral Mc Arthur atau juga terkenal dengan nama Bukit Makatur. Lokasi dan Transportasi Letak dari Tugu Jendral Mc Arthur ini berada dalam kawasan markas militer Resimen Induk Kodam (Rindam) XVII Cenderawasih yang terletak di daerah Gunung Ifar, Kabupaten Jayapura.
Posisinya berada di perbukitan yang merupakan bagian dari jajaran pegunungan Cyclops serta memiliki pemandangan yang luar biasa. Dari pusat kota Jayapura, anda hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk tiba di lokasi dengan mengambil rute Jalan Raya Abepura-Sentani.
Sebelum memasuki kota Sentani anda akan menemukan persimpangan jalan di sebelah kanan. Ambil jalan ini, dan anda akan melewati jalanan yang cukup sempit dan berkelok-kelok sejauh 4 kilometer, sampai akhirnya anda tiba di gerbang pos penjagaan Rindam XVII Cenderawasih. Ketika tiba di pos penjagaan, anda tidak perlu mengeluarkan biaya.
Cukup meninggalkan KTP dan membuka jendela kendaraan yang anda gunakkan selama berada di kawasan ini jika anda menggunakkan kendaraan roda empat. Selanjutnya, anda bisa langsung menuju ke lokasi Tugu Jendral Mc Arthur jika sudah meminta perizinan. Untuk sarana transportasi menuju Tugu Jendral Mc Arthur, memang tidak begitu mudah.

    Jadi, ada baiknya anda membawa kendaraan sendiri ataupun menggunakkan kendaraan sewaan. Jika pun anda menggunakkan kendaraan umum, anda hanya bisa menggunakkan ojek motor ataupun taksi. Selanjutnya, saat akan pulang kembali anda harus rela berjalan kaki yang lumayan jauh untuk menemukan angkutan umum lain. Itupun masih harus mencari dan menunggu kendaraan umum yang lewat.
Nah, jika anda ingin menyewa kendaraan, anda harus menyiapkan dana kurang lebih sekitar Rp 500.000*) per harinya. Harga tersebut sudah termasuk sopir. Sayangnya, untuk bahan bakar, anda harus membayar sendiri dan harga bahan bakar di kota ini tidak tergolong murah. Dengan alasan distribusi yang sulit, harga dari bahan bakar bisa mencapai angka Rp 18.000*) per liternya.
Wisata Tugu Jendral Mc Arthur merupakan sebuah tugu yang di buat untuk mengenang kejayaan beliau. Dulunya, tempat ini merupakan markas yang besar dan menjadi kediaman beliau selama berada di tanah Papua. Tugu ini memiliki tinggi sekitar 3 meter dengan dominasi warna hitam dan kuning. Di tugu tersebut, tertulis sejarah singkat tentang Jenderal Mc Arthur dengan dua bahasa. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Tak hanya sebatas tugu, untuk anda yang ingin menambah wawasan, sudah ada sebuah museum kecil di dekat tugu yang memiliki berbagai macam koleksi misalnya seperti foto-foto pada masa perang dunia. Anda juga bisa mendengar cerita tentang awal kedatangan hingga masa kejayaan Jenderal Mc Arthur dari penjaga situs ini. Selama berada di sini, tentunya anda bisa sambil mendengarkan cerita yang di ceritakan oleh penjaga situs tugu jenderal ini.
Alam pun ikut berkontribusi mempercantik suasana yang ada di lokasi Tugu Jendral Mc Arthur. Sudah ada beberapa kursi-kursi beton yang memang sudah dibangun sejak wilayah bukit ini menjadi markas dari jendral. Dari kursi ini, anda bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian sekitar 325 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Pemandangan tersebut, menghadirkan penampakan dari Danau Sentani secara utuh serta anda bisa menyaksikan aktivitas penerbangan di bandara sentani. Itulah mengapa, salah satu bangku batu yang ada di sini menjadi salah satu bangku favorit jendral ketika berada di sini. Sayangnya, untuk melihat pemandangan yang cantik ini, anda harus menunggu waktu yang tepat.
Kabut yang sering menjadi kendala utama ysng membuat anda menjadi tidak bisa melihat pemandangan indah di bawah anda dengan jelas. Namun, jangan langsung putus asa. Tunggu saja untuk beberapa saat, maka kabut akan mulai menghilang. Nah, gunakkan kesempatan anda ini untuk melihat ciptaan maha kuasa yang sangat luar biasa dari atas Tugu Mc Arthur.
Tips
  1. Bawalah kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan untuk memudahkan anda dalam berwisata. Namun sebaiknya ajaklah rombongan agar biaya sewa tidak terlalu terasa berat.
  2. Datanglah ketika menjelang siang sekitar jam 2 sampai jam 3 siang. Karena pada jam-jam ini, kabut jarang menutupi pemandangan di bawah anda.
  3. Anda juga bisa melihat langsung indahnya sunset dari atas Bukit Makatur atau Tugu Jendral Mc Arthur jika anda datang pada sore hari.
  4. Sebaiknya jangan terlalu banyak berkeliaran di kawasan militer selain di sekitar Tugu Mc Arthur. Karena ditakutkan para anggota militer sedang melakukan latihan berbahaya seperti menembak. Tentunya anda tidak ingin terkena peluru nyasar bukan?
Selain bernilai sejarah, wisata menuju Tugu Jendral Mc Arthur ini juga bisa memberikan anda pemandangan keindahan alam yang sangat memukau. Maka sangat pantas jika ucapan Jendral Mc Arthur yang cukup terkenal ini bisa menjadi salah satu semboyan objek wisata ini yakni, “I Come Through and I Shall Return”. Siapkan rencana tujuan wisata anda, selamat berlibur dan selamat bersenang-senang!
*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Dokumentasi


Lokasi

You Might Also Like

0 comments

Top Categories