Museum Negri - Museum Seru yang Bisa Dikunjungi untuk Belajar Sejarah - Jelajah Kota Jayapura

Museum Negri - Museum Seru yang Bisa Dikunjungi untuk Belajar Sejarah


     Museum Negri Papua/Waena-Jayapura Museum Provinsi Papua-Pariwisata dan Budaya, terkadang sulit untuk di pisahkan. Bahkan budaya sendiri bisa menjadi daya tarik para wisatawan yang sedang berkunjung.
Selain budaya, sejarah yang di miliki oleh provinsi yang menjadi kunjungan wisata pun tak jarang menjadi daya tarik beberapa wisatawan. Nah, untuk menjawab kebutuhan wisata anda yang memiliki nilai tersebut, tempat yang harus anda kunjungi adalah museum, seperti Museum Provinsi Papua jika anda sedang berlibur di Kota Jayapura.
Lokasi dan Transportasi Tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jayapura jika anda berniat untuk mengunjungi Museum Provinsi Papua, apalagi posisinya cukup mudah untuk ditemukan. Misalnya anda datang dari Bandara Sentani menuju Kota Jayapura, tentunya anda akan dengan mudah menemukan lokasi dari museum ini karena berada di perlintasan jalan tesebut.
Jadi, soal rute tempuh bukanlah masalah yang cukup sulit. Anda cukup melihat petunjuk jalan atau jangan segan untuk bertanya pada penduduk jika anda bingung harus mengambil jalan mana. Sedangkan dari pusat kota Jayapura, anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di museum.
Berlokasi di Jalan Raya Sentani Kelurahan Waena, Distrik Abepura, Jayapura. Jika dari Bandara Sentani, anda akan menemupuh jarak sekitar 17,8 kilometer saja menuju arah Kota Jayapura. Letak yang berada di jalan utama seperti ini, memudahkan anda untuk mencapai lokasinya baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.
Untuk kendaraan umum sendiri, sudah ada angkutan berupa angkutan kota (angkot) atau menggunakkan ojek motor. Ongkos untuk angkot biasanya sekitar Rp 2.500-Rp 5.000*) untuk sekali jalan. Sedangkan ojek motor, tergantung dari jarak tempuh dan hasil negosiasi anda dengan tukang ojek motor tersebut.

    Untuk memudahkan wisata anda, terutama jika anda ingin berkeliling-keliling Kota Jayapura, ada baiknya anda menyewa kendaraan roda empat. Dengan biaya sewa sekitar Rp 500.000*) per hari, anda sudah tidak perlu bingung lagi masalah transportasi.
Apalagi, dengan biaya ini, anda sudah di fasilitasi dengan sopir. Hanya saja, untuk mengisi bensin, harus dengan biaya anda sendiri dan jangan kaget dengan harga bahan bakar di Papua. Untuk bahan bakar jenis premium saja, harganya bisa mencapai angka sekitar Rp 18.000*) per liternya.
Jika anda datang bersama keluarga ataupun rekan-rekan lainnya, penyewaan mobil merupakan cara yang cukup efektif dan cukup efisien agar tidak repot ketika berkeliling-keliling Kota Jayapura.
Wisata Museum Provinsi Papua dibangun di atas tanah seluas 26.402 meter persegi, dengan di lengkapi bangunan utama serta beberapa bangunan penunjang lainnya. Bangunan yang kini menjadi museum ini, sudah berdiri sejak tahun 1981 dan beroperasi menjadi museum pada tahun 1983.
Tetapi, peresmian bangunan museum baru dilaksanakan pada tahun 1990. Koleksi yang dimiliki museum ini juga cukup banyak dengan jumlah sekitar 3.600 koleksi dan terbagi atas dua kategori utama yakni kategori budaya dan kategori flora fauna khas.
Untuk melihat dan mempelajari semua koleksi yang di miliki Museum Provinsi Papua, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3.500*) per orang, bahkan akan menjadi lebih murah lagi jika anda datang dengan rombongan yang cukup ramai.
Anda bisa datang setiap hari pada jam-jam operasional museum yakni pukul 08:00-16:00 WIT untuk hari Senin-Jum’at, pukul 08:00-15:00 WIT untuk hari Sabtu dan pukul 11:00-16:00 WIT untuk hari minggu. Ketika memasuki kawasan museum, anda bisa langsung memasuki bangunan utama museum yang memiliki dua patung tinggi di depan pintu masuknya.
Dua patung tersebut merupakan tiang rumah adat dari sentani dan yang satunya lagi merupakan patung suku asmat. Anda bisa langsung menuju lantai atas yang merupakan ruangan pameran pertama.
Ruang pameran pertama ini berbentuk lingkaran dengan beragam koleksi peninggalan-peninggalan sejarah serta benda-benda bernilai budaya yang berasal dari berbagai suku di Provinsi Papua. Alat-alat musik tradisional pun ada di ruangan pameran ini.
Untuk ruang pameran kedua, letaknya berada di bangunan yang berbeda dan lebih luas dibandingkan dengan ruangan pameran pertama. Di ruang pameran kedua ini, juga menyimpan koleksi budaya dan peninggalan lainnya. Foto-foto masa perang dunia ke dua juga bisa anda lihat di ruangan ini.
Museum Provinsi Papua, menyuguhkan beragam koleksi mulai dari benda-benda etnografi, geologi, arkeologi, sejarah, filologi, numismatika, seni hingga ke koleksi berupa diorama.
Untuk memberikan kenyamanan serta menunjang wisata anda, museum ini telah di lengkapi dengan beberapa fasilitas berupa ruangan audio visual, ruangan auditorium, ruangan perpustakaan, ruangan laboratorium, kafetaria, toilet umum, serta taman yang cukup luas dan indah, serta bisa anda gunakkan untuk bersantai sejenak sebelum melanjutkan kunjungan wisata anda di Jayapura.
Tips
  1. Jangan lupa mendokumentasikan koleksi-koleksi yang ada di museum ini. Baik dengan kamera maupun buku catatan. Sehingga, anda bisa mendapatkan pelajaran baru dan bisa kembali anda ingat secara detail ketika membuka kembali dokumentasi tersebut.
  2. Jangan segan untuk meminta panduan dari staff yang ada di museum. Dengan begitu, anda bisa lebih memahami tentang kebudayaan ataupun cerita-cerita khusus tentang Papua.
  3. Sempatkan pula untuk membaca buku yang ada di perpustakaan untuk menambah pengetahuan anda.
Museum merupakan sebuah lokasi yang sangat cocok dijadikan tujuan awal wisata anda sebelum mengunjungi tempat wisata lainnya. Dengan begitu, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat bisa anda ketahui lebih dahulu agar anda tidak benar-benar merasa asing di Jayapura.
Nah, jangan lewatkan kunjungan anda ke Museum Provinsi Papua dan selamat berlibur!
*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Lokasi

You Might Also Like

0 comments

Top Categories